November Dimulai Pemasangan Kabel,  Akhir 2018 Jembatan Siak IV Bisa Difungsikan

November Dimulai Pemasangan Kabel,  Akhir 2018 Jembatan Siak IV Bisa Difungsikan

PEKANBARU - Awal November diperkirakan pembangunan pylon tunggal dari lanjutan fisik jembatan Siak IV sudah tuntas. 

Pada bulan itu juga dijadwalkan langsung dilakukan pemasangan kabel dan balok jembatan. Dengan begitu, proyek strategis pembangunan lanjutan jembatan Siak IV yang dulu sempat mangkrak, hampir tuntas dikakukan. 

"Pylon selesai November. Kalau sudah selesai pylonnya, tinggal pemasangan kabelnya. Kabelnya inikan tinggal tarik aja lagi," kata Kabid Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Riau, Yunan Haris, Senin (27/8/2018). 

Keseluruhan hingga saat ini, memang hitungan progres masih diangka 50 persen lebih. Persentase inilah yang sering menjadi pertanyaan di masyarakat, kenapa baru segitu. 

Pada hal, dengan kondisi pylon yang hampir tuntas serta jika nanti kabelnya sudah terpasang, otomatis akan langsung mendongkrak persentase progres pembangunan. 

Selain itu, Yunan juga mengatakan bahwa balok-balok lantai jembatan saat ini juga sudah didatangkan. Artinya, Dinas PUPR sendiri meyakini, sebelum akhir tahun, jembatan Siak IV yang akan menghubungkan Kecamatan Senapelan dan Rumbai Pesisir ini akan dapat difungsikan. 

"Karena, untuk satu kabel jembatan saja terpakai, akan bertambah satu persen," ujarnya.


Berita Lainnya

Index
Galeri